KANIGORO MENUJU MANDIRI PANGAN

  • Jul 16, 2024
  • RIRIN SUSIANI

Kelurahan Mandiri Pangan adalah dimana masyarakatnya mempunyai kemampuan untuk mewujudkan ketahanan pangan dan gizi melalui pengembangan subsistem ketersediaan, subsistem distribusi, dan subsistem konsumsi dengan memanfaatkan sumber daya setempat secara berkelanjutan.

Tujuan nya adalah untuk mengurangi rawan pangan dan gizi melalui pendayagunaan sumber daya, kelembagaan dan kearifan lokal yang ada di kelurahan.

Kelurahan Kanigoro sendiri terdapat Kampung Tematik, P2L serta kebun mandiri dengan mengusung konsep urban farming. Menuju ketahanan pangan dengan berkebun misalnya adalah sesuatu yang sangat mengasikkan. Bagaiman tidak, berkebun dapat menjadi salah satu kegiatan yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental karena manfaat berkebun salah satunya dapat menghilangkan stress.

Selain itu, melalui penelitian yang dilakukan oleh Westminster University di Inggris, manfaat berkebun bagi kesehatan adalah mengontrol berat badan. 

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang yang secara rutin mengurus tanaman di kebun atau pot memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak aktif berkebun.

Aktivitas berkebun juga termasuk dalam kategori aktivitas yang dapat membakar kalori. Ketika terlibat dalam kegiatan berkebun, seperti menggali tanah, memberi pupuk, menanam benih, dan menyiram tanaman, maka tubuh akan terus bergerak. 

Taburkan benih kasih sayang bukan hanya kepada sesama …tetapi juga kepada tumbuhan. Ketika tumbuhan tumbuh subur yakinlah bahwa cinta mu sedang bersemi ….

Have a good day …