KANIGORO RAMAH DISABILITAS

  • Jul 14, 2024
  • RIRIN SUSIANI

Ada yang pernah dengar istilah volly duduk ?

Yaaa…Volly duduk dimainkan enam orang, dengan net setinggi 1,05 dan 1,15 meter.

Volly duduk tentunya dimainkan dengan duduk. Tapi, bukan duduk yang sembarangan, salah mengangkat pantat bisa berujung pelanggaran. Meski secara swadaya, para atlet disabilitas ini mengaku cukup semangat. Mereka bahkan juga sudah beberapa kali menggelar pertandingan persahabatan dengan tim lainnya. Kelurahan Kanigoro Kecamatan Kartoharjo memfasilitasi kegiatas volly duduk yang rutin diadakan setiap seminggu sekali di gedung Kelurahan Kanigoro.

Melakukan olahraga merupakan aktivitas yang sering dilakukan dan banyak orang yang menggemari aktivitas ini. Akan tetapi, pembangunan untuk memenuhi aktivitas berolahraga ini kerap kali hanya tersedia untuk manusia normal pada umumnya tanpa mempertimbangkan serta memperhatikan
pengguna yang memiliki perbedaan kemampuan atau difabel. Hingga saat ini fasilitas yang diberikan masih kurang ramah untuk pengguna disabilitas, sehingga perlu dilakukan pengembangan pembangunan untuk memenuhi kebutuhan aktivitas tersebut.

Kelurahan Kanigoro menyediakan fasilitas yang bisa digunakan disabilitas untuk menyalurkan hobby olahraganya sehingga kesehatan jasmani untuk mencapai kebugaran tubuh dapat terpenuhi.